June 17, 2024

Profil Pondok Pesantren Tahfizul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi

Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Syech Ahmad Chatib

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-minangkabawi adalah sebuah pondok pesantren (ponpes) yang berada di bawah naungan Yayasan Syech Ahmad Chatib. Berlokasi di Koto Tuo, Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Terletak di atas lahan seluas lebih kurang satu (1) Ha. Sebelah utara  berbatasan dengan Nagari Biaro Gadang, sebelah selatan berbatasan dengan Nagari Lasi, sebelah barat berbatasan Nagari Pasia, dan sebelah timur berbatasan dengan Nagari Baso.

Keberadaan pondok ini terinspirasi dari kiprah salah seorang tokoh ulama dan pembaruan Islam di Indonesia. Pernah menjadi imam dan tenaga pengajar di Masjidil Haram, Makkah. Berhasil mencetak beberapa ulama terkemuka di Indonesia seperti Syekh Abdullah Ahmad, Muhamad Thaib Umar, Syekh Muhamad Djamil Djambek, Syech Ibrahim Musa, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asyhari, H.A. Karim Amarullah (ayah Buya Hamka). Selain itu kedalaman ilmu beliau juga dicurahkan di beberapa dunia Islam lainnya, seperti Turki, Malaysia, Mesir, dsb. Hingga beliau mendapat gelar kehormatan dari pemerintahan Turki dengan istilah Tukies atau gelar Honoris Causa. Beliaulah Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi.

Berdasarkan kiprah yang telah beliau lakukan tersebut, maka munculah pemikiran di masyarakat kampung kelahiran beliau, yaitu di Koto Tuo, Balai Gurah, Ampek Angkek untuk kembali menapaki dan meneruskan semangat serta jejak beliau dalam menghidupkan dan mengamalkan Al-qur’an dan Sunnah untuk kemudian didakwahkan ke tengah masyarakat. Wujud kongkrit dari pemikiran itu ialah membangun sarana pendidikan agama.

Setelah dilakukan berbagai upaya, Alhamdulillah pada tahun 2001 berdirilah Yayasan Syech Ahmad Chatib dengan Akta Notaris No. 1 Tahun 2001. Adapun bentuk sarana pendidikan agama yang dibentuk ialah Ma’had Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-minangkabawi. Maksudnya ialah sebuah pondok pesantren yang mengkonsentrasikan diri pada penghafalan Al-qur’an. Dimana untuk tahun ini membuka kelompok belajar terdiri dari:

  1. SMP Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib
  2. SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib
  3. Program Salafiyah Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib

Sejak tahun 2001 tersebut, dilakukanlah berbagai upaya oleh pihak yayasan, akhirnya tahun 2007 selesailah pembangunan tahap awal fisik ma’had ini. Pada tahun 2008 dilakukanlah pembinaan untuk calon guru dan tenaga operasional. Kemudian pada tahun 2009 dimulailah proses belajar mengajar di ma’had ini, ditandai dengan izin operasional dari Departemen Pendidikan Nasional Kabupaten Agam No. 121/I.08.21/Kpts-2009 tentang Persetujuan Rencana Pendirian SMP Swasta Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-minangkabawi Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Dengan adanya surat izin operasional dari Diknas Kabupaten Agam tersebut mengindikasikan bahwa pelajaran umum dari Pondok Pesantren ini memakai kurikulum Diknas.

Pada tahun 2011 terhitung bulan Januari keberadaan Pondok Pesantren Syech Ahmad Chatib juga sudah diakui dan terdaftar di Kemenag Agam ditandai dengan SK dari Bapak Kemenag Agam Nomor: Kd.03.6/4/PP.00/174/2014, kemudian dilanjutkan Piagam Izin Operasional pada tanggal 10 Juli 2015 dengan Nomor Statistik Pondok Pesantren 510313060029.

Pada Tahun 2020 kita sudah membuka dan menerima untuk santri putri, yang mana pada Tahun Ajaran 2020/2021 kami menerima untuk santri putri sebanyak 10 orang, dan untuk Tahun Ajaran 2021/2022 kami menerima untuk santri putri sebanyak 12 orang.

Selanjutnya melalui proposal ini kami sampaikan beberapa kendala dalam hal sarana dan prasarana, yang mana harapan kita di Tahun Pelajaran 2021/2022 kendala-kendala kita dalam hal sarana dan prasarana tersebut sudah dapat diatasi. Kendala-kendala kita dalam hal sarana dan prasarana tersebut adalah pada Tahun Ajaran 2020/2021 kami telah menerima untuk pondok yang putri. Namun terkendala untuk hal pembangunan asrama dan ruang belajar, yang mana tanah untuk pembangunan telah tersedia wakaf dari muhsinin daerah koto tuo.

  1. VISI SEKOLAH / PONDOK PESANTREN

Terwujudnya Hafidzul Qur’an yang memiliki kompetensi Santri Rabbani.

Misi Sekolah / Pondok Pesantren

  1. Melahirkan kembali kader ulama Sumatera Barat yang berbasis pada penajaman bidang Aqidah, Syari’ah, dan bahasa sesuai dengan al-Qur’an dan Sunnah.
  2. Mendirikan dan mengembangkan pola pendidikan pesantren integral yang berbasis al-Qur’an.
  3. Mensyiarkan dan menanamkan nilai-nilai al-Qur’an ditengah masyarakat.
  4. Mengembangkan pusat kajian dan keilmuan al-Qur’an.
  • PENDIRI

Pendiri dari Yayasan Syech Ahmad Chatib adalah :

  1. Bapak Ir Muhammad Dafiq Saib
  2. Bapak Ir Yufimar Ali

Beliau berdua merupakan orang yang memiliki hubungan ranji keturunan dengan Syech Ahmad Chatib, dan pendiri yayasan ini berdasarkan atas masukan dan arahan dari Almarhum Ust Nazir Nurdin. Beliau adalah orang tua dari Ketua Pengurus Yayasan Syech Ahmad Chatib yang bernama Ust Nashran Nazir. Beliau berkeinginan mengembangkan ajaran islam, menghidupkan dan mengamalkan al qur’an serta sunnah untuk kemudian didakwahkan ke tengah masyarakat. Untuk lebih nyata dan jelas usaha beliau, didirikan bangunan di atas tanah seluas lebih kurang 1 Ha yang sekarang ini bernama “Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib.

Pimpinan Pondok Pesantren/Kiyai Tahfizul Qur’an Syech Ahmad Chatib dari Berdiri sampai Sekarang

Semenjak berdiri sampai sekarang  yang menjadi pimpinan di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib adalah Ust. H. Afdhil Fadli, Lc.MA, (alumni Fakultas Al-Qur’an Universitas Islam Madinah Arab Saudi) yang ditetapkan oleh hasil rapat Kepengurusan Yayasan Syech Ahmad Chatib

Kondisi Bangunan Pondok dan Asrama

Kondisi bangunan pondok yang dipergunakan saat ini yang dihuni oleh ± 240 santri berada di atas tanah seluas 5.855 m2, dengan luas bangunan 2.588 m2 berada dalam kondisi cukup baik dan layak huni. Sedangkan untuk Pondok Putri saat ini menyewa salah satu rumah warga masyarakat yang dipergunakan untuk asrama dan ruang belajar.

Pimpinan Pondok Pesantren

Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib

Al-Minangkabawi

AFDHIL FADLI, Lc., M.A