June 19, 2024

Taushiyah Perpulangan Semester Ganjil 2022/2023

Satu semester sudah santri berada di pondok. Lebih kurang sudah enam bulan tidak pulang kampung, akhirnya saat saat yang dinanti-nanti oleh kebanyakan santri datang juga. Kerinduan kepada kampung halaman, berkumpul dengan keluarga dan sanak famili adalah penyebab tingginya rasa rindu yang dialami oleh para santri.

Setelah menyelesaikan semua tahapan ujian semester satu tahun pelajaran 2022/2023 baik berupa ujian tahfiz, ujian tulisan dan ujian lisan, akhirnya semua santri dijadwalkan untuk perpulangan tanggal 17 Desember 2022. Seperti biasa pada malam sebelum kepulangan, ada semacam arahan-arahan dan taushiyah oleh Pimpinan Pondok sekaligus menyerahkan beberapa reward kepada beberapa orang santri.

Dalam taushiyahnya, ustadz Afdhil Fadli, Lc MA sangat menekankan kepada santri agar semua amaliyah yang telah dilakukan di pondok juga dilaksanakan di kampung masing-masing. Pimpinan pondok juga menghimbau agar semua santri dapat mengendalikan diri dan tidak sampai terlena dan terlalaikan oleh berbagai macam godaan yang barangkali akan dirasakan oleh santri terutama HP dan motor. Tidak lupa juga pimpinan pondok, sangat menekankan kepada semua santri agar senantiasa melakukan muraja’ah harian. Bahkan jika bisa, malah tetap melakukan tahfiz (menambah hafalan) secara mandiri.

Libur kali ini dijadwalkan berlangsung selama 3 pekan dari tanggal 18 Desember 2022 sampai tanggal 8 Januari 2023