June 18, 2024

Hukum Membawa Al-Quran HP Ke Dalam Kamar Mandi


Pertanyaan:

Bismillah, afwan ustaz ana ingin bertanya mengenai adab seorang muslim di dalam kamar mandi. Ana pernah dengar, jika kita di dalam kamar mandi itu tidak boleh mengucapkan ayat suci yang terdapat lafadz Allah Azza Wa Jalla.

1. Bagaimana jika kita membaca doa ketika mengenakan pakaian di dalam kamar mandi?

2. Dan bagaimana jika kita masuk ke dalam kamar mandi dengan membawa HP, yang di dalamnya terdapat aplikasi Al-Quran?

Bagaimana hukum dari hal tersebut? Jazakumullah khairan ustadz.


Jawaban:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

Ayat, doa dan zikir dilarang dilakukan di dalam kamar mandi, bila dilakukan dengan lisannya atau dinampakkan tulisannya. Namun bila hal itu tidak nampak, ada di sela-sela tulisan buku atau dilakukan di dalam hatinya, maka diperbolehkan karena tidak nampak penghinaan/pelecehan di dalamnya.

Sehingga diperbolehkan membaca doa tersebut dengan hatinya, bukan dengan lisannya yang bersuara, begitu pula membawa HP di dalam kamar mandi walaupun di dalamnya ada aplikasi al-Quran atau murottal audio atau tulisan zikir di dalamnya.

Berkata Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ta`ala,”

” وإذا كان في الحمام، فقد قال أحمد: “إذا عطس الرجل حمد الله بقلبه“، فيُخَرَّج من هذه الرواية أنه يُسمِّي بقلبه ” انتهى. “الشرح الممتع” (1 / 159 – 160)

“Dan bila berada di kamar mandi, maka telah berkata Imam Ahmad, “ apabila seseorang bersin maka ia mengucapkan hamdalah dengan hatinya.” maka dikeluarkan faidah dari riwayat ini bahwa ia membaca basmalah dengan hatinya.” (Syarhul Mumti`: 1: 159 – 160).

Terkait dengan hukum membawa HP di kamar mandi, Syekh Kholid Abdul Mun`in Arrifai di dalam Fatwa Islamway no 39023 menjelaskan:

وكذلك لا بأسَ من دُخُولِ الحمَّام بِالجوَّال إذا كان القُرآنُ مسجَّلاً عليْهِ؛ لأنَّ في هذه الحالة ستكونُ الحروفُ غَيْرَ ظاهرةٍ فلا تَدْخُلُ تَحتَ ما ذكره العُلماء من كراهيةِ دُخولِ الحمَّام بِشَيْءٍ فيه ذكر الله أو بِشَيْءٍ من القُرآن…. و الله أعلم.

“Dan tidak mengapa, dengan masuknya HP di kamar mandi, (walaupun) ada rekaman al-Quran di dalamnya. Pada keadaan seperti itu, tidaklah nampak tulisannya, sehingga tidak masuk dari larangan para ulama tentang makruhnya memasukkan zikir dan ayat al-Quran di dalam kamar mandi. Wallahu a`lam