June 19, 2024

Pengabdian Masyarakat Kelas XII 2023

Diantara program rutin tahunan Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi adalah Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan ke berbagai negri di Sumatera Barat. Program ini diwajibkan kepada setiap santri kelas 6 atau kelas XII tingkat SMA yang sebentar akan menamatkan pendidikannya di pondok.

Seperti biasa kegiatan ini dilaksanakan setiap selesai ujian semester satu dan berlangsung selama 2 pekan. Untuk program pengabdian masyarakat tahun ini dilaksanakan pada 3 tempat yaitu :

  1. Andaleh di Payakumbuh
  2. Pagadih arah Palupuh
  3. Bayang di Pesisir Selatan

Adapun bentuk bentuk kegiatan santri kita di daerah daerah pengabdiannya adalah terjun langsung ke masyarakat dan berbaur dengan masyarakat sekitar sekaligus mempraktekkan semua ilmu yang telah didapat selama belajar di pondok. Maka selama masa pengabdian masyarakat santri akan menjalankan multi peran di tempat masing-masing seperti :

  1. Imam shalat lima waktu
  2. Guru ngaji atau guru tahfiz anak anak sekitar
  3. Mengisi kajian subuh / magrib
  4. Membantu / gotong royong bersama masyarakat sekitar
  5. Khutbah Jum’at apabila khatib utama tidak hadir
  6. Dan lain-lain

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah pembelajaran maupun pelatihan terjun langsung ke tengah masyarakat dalam rangka mengamalkan ilmu yang telah di dapat. Dengan program ini, sudah barang tentu ketika santri sudah tamat dari pondok mereka sudah untuk terjun dimanapun mereka berada nantinya dan yang sudah pasti tentu mereka menjadi manusia yang siap pakai.