June 17, 2024

PPTQ SACHA Peduli Bencana

Musibah banjir lahar dingin (galodo) yang menimpa Sumatera Barat secara umum telah menelan banyak korban baik jiwa dan harta. Beberapa kabupaten/kota sangat merasakan dampak dari galodo tersebut. Diantara kabupaten yang terdampak parah yaitu kabupaten Agam.

Khusus untuk Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi, ala kulli hal alhamdulillah masih aman walaupun juga merasakan dampak banjir lahar dingin ini. Lahan atau lapangan yang terdapat di kelas bawah dibanjiri lahar dingin yang dipenuhi lumpur setinggi lutut sehingga menimpa salah satu kediaman karyawan yang bertempat tinggal di depan kelas tersebut.

Walaupun begitu, segenap pimpinan dan karyawan langsung menggalang donasi yang akan disalurkan kepada pondok pesantren yang lebih parah terkena dampak dan korban yang meninggal dunia. Bentuk kepedulian pondok juga berupa langsung mengarahkan para ustadz dan santri untuk turun ke daerah daerah terdampak sekaligus berbaur dengan masyarakat dan relawan guna membersihkan rumah-rumah masyarakat dan sarana umum lainnya seperti jalan yang dipenuhi lumpur