June 19, 2024

Kegiatan Pengabdian Masyarakat 2022

Kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah program wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap santri kelas 12 Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mereka untuk langsung terjun ke tengah-tengah masyarakat sebagai seorang ustadz, penceramah, pengajar, imam dan khatib sebelum mereka menyelesaikan pendidikan di pesantren sekaligus berbaur dengan masyarakat dan aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat setempat

Untuk tahun ini ada empat daerah yang ditempatkan untuk para santri melaksanakan kegiatan ini yaitu daerah Pagadih Kabupaten Agam, daerah Bayang kabupaten Pesisir Selatan, daerah Andaleh Kabupaten Sawahlunto dan daerah Dharmasraya. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama dua minggu dari tanggal 14-28 Desember 2022.

Adapun bentuk kegiatan santri di daerah penempatan masing-masing adalah menjadi berperan aktif sebagai imam shalat lima waktu, mengisi kajian, khatib jum’at, mengajar anak-anak mengaji dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.