June 19, 2024

Study Tour Kelas XII Ke UNAND Dan UNP

Pada hari Kamis 22 Februari 2024, santri kelas XII SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi melakukan kegiatan studi tour dalam bentuk kunjungan kampus. Terdapat 2 universitas yang dikunjungi dalam kegiatan kali ini. Yaitu Universitas Andalas (UNAND) Padang dan Universitas Negeri Padang (UNP)

Kunjungan pertama bertempat di kampus UNAND. Sesampai di kampus UNAND, rombongan SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi yang terdiri dari 18 orang (3 orang guru dan 15 orang santri) disambut hangat oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Ilmu dan Kandungan Al-Quran (UKM PIKA UNAND). Bapak Dr. Dedy Asmeldi, S.Si. M.Si Apt selaku pembina UKM PIKA UNAND memberikan pengenalan yang komprehensif tentang UKM PIKA UNAND sekaligus memberikan motivasi dan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan perkuliahan. Kunjungan di kampus UNAND berlangsung dari pukul 10.30 wib sampai pukul 12.00 wib

Setelah shalat Zhuhur, rombongan SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi bertolak menuju kampus kedua yaitu Universitas Negeri Padang (UNP).

Sesampai di UNP, rombongan juga mendapatkan sambutan yang hangat di Departement Kimia UNP. Para kepala laboratorium kimia UNP memberikan sambutan sekaligus berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan rombongan SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi. Terdapat tiga orang kepala labor kimia yang berbagi pengetahuan dan pengalaman. Mereka yaitu Dr. Syamsi Aini, Dr. Okta Suryani dan Dr. Trisna K Sari.

Di laboratorium kimia UNP ini, rombongan SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi juga diperkenalkan dengan berbagai praktikum yang dilakukan di labor kimia. Mereka juga diberi kesempatan untuk mempelajari teknik titirasi. Dan pada akhir kunjungan, kepada mereka juga diperlihatkan berbagai alat alat kimia berteknologi canggih sekaligus melihat langsung bagaimana penggunaan alat-alat ini dalam penelitian kimia modern.