June 19, 2024

Rapat Tim Formatur Pemilihan Pengurus MKPP Masa Bakti 2023-2026

Sejauh ini keberadaan MKPP (Musyawarah Kerja Pimpinan Pondok) sangat penting dalam rangka menjalin memperkuat silaturahmi dan kebersamaan antara pondok pesantren di kabupaten Agam Sumatera Barat. MKKP merupakan wadah pertemuan para buya dan asatiz pimpinan pondok yang dilaksanakan dengan rutin digelar sekali sebulan secara bergilir dari satu pondok ke pondok yang lain.

Dengan berakhirnya tahun 2022 maka berakhir pula masa bakti pengurus MKPP sebelumnya yang diemban oleh buya Ramli, M.A dari Pondok Pesantren Siti Manggopoh dengan sekretasrisnya buya Marwan, S.Pd dari Pondok Pesantren Darul Makmur.

Maka telah diagendakan pemilihan pengurus baru pada awal tahun 2023 dan ustadz Afdhil Fadli, Lc M.A selaku pimpinan pondok pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi termasuk ke dalam salah satu tim formatur untuk kepengurusan MKPP yang baru.

Dalam halaqah rutinnya, MKPP selalu membahas hal-hal keummatan, saling sharing informasi dan diskusi berbagai hal penting lainnya. Sekedar informasi bahwa pondok pesantren di kabupaten Agam ada berjumlah sekitar 36 pesantren dengan keberagaman corak dan sistem pembelajaran pada masing-masing pondok.