June 17, 2024

Kalibrasi Arah Kiblat

Selasa, 14 April 2023, Fakultas Syariah UIN Sjech M. DJamil Djambek Bukittinggi mengirim beberapa orang dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan PkM ini dilaksanakan dalam bentuk Kalibrasi Arah Kiblat di Pesantren Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawy.

Tim yang diketuai oleh Pakar Ilmu Falak UIN Sjech M. DJamil Djambek Bukittinggi, Dr. Zul Efendi, M.Ag., beranggotakan Wakil Dekan I, Dr. Dahyul Daipon, M.Ag., Hendri, SHI., M.Si, Maizul Imran, SHI., MH., Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam, M. Fauzi Basri dan M. Berkah Rizki, Mahasiswa Prodi Hukum Tatanegara, Ahmad Zaki dan Mitra Susanti, serta Prodi Hukum Pidana Islam, Khairul Hamdi dan Shafira Azhari.

Kegiatan ini disambut baik oleh Pimpinan Pesantren Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, Ustadz Sawaldi, M.Pd. “Kami sangat senang dan sangat terbantu dengan kehadiran dosen bersama mahasiswa Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, karena kami juga sedang persiapan pembangunan masjid untuk asrama putri. Semoga kedepannya datang lagi dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah ke pesantren kami untuk mengadakan kegiatan lainnya.” Ujar Ustadz yang menjabat sebagai Kepala Sekolah itu.

Dr. Dahyul Daipon, M.Ag. mewakili Dekan Fakultas Syariah menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. “Kegiatan seperti ini sebenarnya merupakan tugas utama dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuan kita adalah selain turun kepada masyarakat juga ingin mendekatkan Fakultas Syariah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi kepada masyarakat, sehingga keberadaan Fakultas Syariah benar-benar dirasakan oleh masyarakat.” Ujar Pak Dahyul.

Ditempat terpisah, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Nofiardi, M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan kita laksanakan secara berkala. “Sekarang yang turun itu merupakan Tim Kalibrasi Arah Kiblat, kita juga sedang mempersiapkan tim-tim lain yang akan turun kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan pelatihan penyelenggaraan jenazah, pelatihan manasik haji dan umrah, pelatihan bimbingan ibadah, pelatihan tahsin dan tahfizh al-Qur’an serta kegiatan-kegiatan lainnya.” Ungkap Pak Dekan