June 19, 2024

Pesantren Ramadhan 1444 H

Untuk mengisi kegiatan Ramadhan 1444 H, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan. Peserta kegiatan ini terdiri dari siswa siswi Sekolah Dasar di Bukittinggi dan sekitarnya. Agenda kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta selama 6 hari dengan fokus menghafal Al-Quran dengan target yang harus dicapai oleh masing-masing peserta sebanyak satu juz.

Untuk peserta putra dilaksanakan di pondok putra dan peserta putri dilaksanakan di pondok putri. Semua peserta dipondokkan selama satu pekan 14 – 20 Ramadhan 1444 H / 5 – 11 April 2023. Agenda kegiatan ini tergolong padat mulai bangun tidur pada pukul 03.30, sahur dan 4 halaqah tahfizh dari pagi hingga sore sampai berbuka puasa dan shalawat tawarih.

Alhamdulillah, diantara peserta ada yang mampu menyelesaikan hafalan yang ditargetkan sebanyak 1 juz selama 6 hari kegiatan. Walaupun ada beberapa orang diantara peserta yang tidak bisa memenuhi target hafalan. Tetapi walau bagaimanapun cap jempol untuk mereka semua. Mereka anak anak berusia 10-12 tahun rela meninggalkan orang tua dan keluarga selama satu pekan dan hidup di lingkungan pondok dengan fasilitas seadanya dalam keadaan berpuasa. Ketika anak anak lain asyik menonton dan bermain dengan HP kesayangannya, anak-anak kita ini malah selalu menempel dengan Al-Quran tiada henti selama satu pekan. Tidak ada yang mereka genggam dan mereka pegang melainkan hanya Al-Quran.

Selalu Allah merberkahi kalian semuanya wahai anak-anakku…