June 19, 2024

Sosialisasi Akreditasi Universitas Islam Madinah

Melanjutkan pendidikan atau kuliah ke Universitas Islam Madinah (UIM) merupakan impian bagi setiap santri pondok pesantren dimanapun berada. Betapa tidak, kuliah disana tentu memiliki banyak kelebihan kelebihan yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Selain tempatnya di salah satu tanah suci / kota Rasulullah SAW, UMI juga merupakan kampus favorit dan unggulan berstandar internasional yang menjadi rujukan ilmu keislaman di seluruh dunia.

Maka dari itu, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan muadalah dari UIM. Kiat kiat atau langkah langkah menuju kesana, alhamdulillah sudah dirintis dan dimulai oleh para asatiz pondok dengan mencari informasi sebanyak mungkin termasuk dengan sosialisasi yang dilakukan pada hari Ahad 28 Mei 2023 dengan pemateri ustadz Akhmad Ja’far (alumni UIM yang kini beraktifitas di UIM dalam rangka pengurusan muadalah pondok pondok pesantren di Indonesia dengan UIM)

Berdasarkan paparan beliau selama ini UIM menerima mahasiswa dengan dua jalur yaitu jalur pondok yang muadalah dan jalur umum (belum muadalah) dengan persentase 70% untuk jalur muadalah dan 30% melalui jalur umum. Maka dari itu, peluang pondok yang sudah muadalah dengan UIM jauh lebih besar akan diterima di UIM dibandingkan yang jalur umum. Ditambah lagi pondok muadalah UIM yang santrinya tak kunjung mendapat panggilan memiliki hak komplain agar pondoknya lebih diprioritaskan untuk masuk UIM.