June 19, 2024

Rihlah (Jalan-Jalan) 2024

Diantara agenda rutin tahunan Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi adalah tadabbur alam berupa kegiatan jalan-jalan atau rihlah dalam rangka penyegaran atau refreshing bagi semua santri dan guru-guru.

Kegiatan kali ini dilaksanakan selama dua hari (Selasa dan Rabu) tanggal 20 dan 21 Februari 2024 yang dibagi menjadi 2 shift. Hari Selasa untuk santri putra sedangkan hari Rabu untuk santri putri.

Shift pertama pada hari Selasa tanggal 20 Februari 2024, kegiatan ini dilakukan khusus untuk santri putra dengan rute perjalanan : Pondok – Istano Basa Pagaruyung – Alba Resort Sikabu Lubuk Alung – Masjid Al-Hakim Tepi Laut Padang dan berakhir di Masjid Raya Sumatera Barat . Delapan rombongan bis pariwisata mengangkut peserta rihlah santri putra berangkat pada pukul 07.00 wib dan kembali sampai di pondok pada pukul 23.30 wib.

Keesokan harinya pada hari Rabu tanggal 21 Februari 2024 khusus untuk santri putri telah disiapkan sebanyak 2 bis pariwisata dengan rute yang sedikit berbeda dengan rute rihlah santri putra sehari sebelumnya. Rute rihlah santri putri kali ini berangkat dari pondok pada pukul 07.30 wib langsung menuju kolam pemandian kelok sikabu – Penangkaran Penyu / Pantai Gondoriah – Masjid Al-Hakim Tepi Laut Padang dan kemudian berakhir di Masjid Raya Sumatera Barat dan sampai kembali di pondok pada pukul 23.30 wib.

Agenda rihlah tahunan ini termasuk agenda favorit yang ditunggu-tunggu oleh santri. Refreshing dan rehat sejenak dari rutinitas harian belajar di kelas dan asrama. Tampak dari wajah-wajah mereka aura kegembiraan dan kesenangan, canda tawa seolah-olah terlepas dari beban rutinitas harian.