June 19, 2024

Potensi SMA Tahfizhul Quran Syekh Ahmad Chatib

SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib berlokasi di Jl. Koto Tuo Kenagarian Balai Gurah Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lingkungan sekolah merupakan daerah persawahan dengan luas keseluruhan ±7000 m². Keadaan lingkungan sekolah dengan masyarakat sekitar cukup kondusif, lingkungan sekolah aman dan tentram.  Perhatian pemerintah dan masyarakat terbilang cukup meningkat dari tahun ke tahun.

  1. Potensi Akademik

Dalam hal akademik baik guru maupun peserta didik memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Karena setengah dari tenaga pendidik ada yang berpendidikan S2 dan S3. Bahkan ada pula yang berprestasi di dunia karya tulis dan terdaftar di ISBN. Di antara karangan tenaga pendidik  SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib adalah Analogi Embrio, Dunia Dalam Genggaman karya Irda A, S.Pd M.Pd (Guru Biologi SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib)

Sarana dan prasarana yang tersedia di SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib adalah ruang kepala. ruang wakil kepala sekolah, ruang tata usaha,  ruangan  kelas 3 ruang, ruang perpustakaan, ruang labor, ruang  guru, dapur, ruangan pertemuan, ruang BK, ruang UKS dan ruang WC yang terdapat disetiap blok gedung sekolah.  SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib juga memiliki Mushalla yang dilengkapi dengan  tempat berwudhuk. Mushalla juga difungsikan sebagai ruangan untuk kegiatan  tahfiz peserta didik pada subuh dan malam hari.

Guru juga dapat menggunakan infokus mobile yang dapat dibawa langsung ke kelas. Sekolah juga dilengkapi dengan jaringan wifi yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam mengakses internet jika diperlukan dalam proses belajar.

SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib telah mencapai akreditasi B, hal ini di dukung oleh program pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sekolah mengembangkan dan memantapkan keterlaksanaan kurikulum baik mata pelajaran, muatan lokal maupun pengembangan diri.

  • Potensi Non Akademik

Prestasi peserta didik dalam bidang non akademik SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib  unggul dalam berbagai bidang tahfiz, olah raga, kemasyarakatan dan bidang lainnya.

Di bidang tahfiz; SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib selalu mengambil andil dalam setiap even dan momen MTQ pada setiap tingkat baik tingkat kecamatan, tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi dengan berbagai cabang perlombaan (tilawah, syarhil, cerdas cermat, kaligrafi dan lain sebagainya). Bahkan setiap memasuki bulan Ramadhan, terdapat berbagai masjid/mushalla dari berbagai daerah meminta kesediaan beberapa peserta didik SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib agar bersedia menjadi imam untuk shalat Qiyamullail (tarawih, tahajjud dan witir). Di bidang olah raga seperti bela diri (silat dan wushu) dan lomba lari bahkan sudah sampai ke tingkat propinsi.

Dari kondisi yang ada, sekitar 90 % peserta didik SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib memiliki motifasi belajar yang tinggi  hal ini, terlihat dari persentase kehadiran dan hasil belajar peserta didik. Dalam proses lajar mengajar siswa difasilitasi dengan sarana dan prasarana yang barangkali terbilang masih minim tetapi didukung oleh tenaga pendidik yang yang handal dan professional.

Guru di SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib yang telah memiliki sertifikat pendidik telah mencapai 60 % dari jumlah 20 orang guru. Dalam upaya peningkatan kompetensi guru pada SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib dilakukan pengembangan dan peningkatan mutu guru melalui program-program yang dirancang dalam anggaran sekolah. Peningkatan kompetensi guru dilaksanakan melalui kegiatan workshop dan pelatihan baik di tingkat sekolah, tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Guru-guru difasilitasi untuk mengikuti pendidikan dan sosialisasi yang berkaitan dengan tugas guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru memberikan pelayanan yang baik terhadap peserta didik. Sebagai guru yang professional guru menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.