June 17, 2024

Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib

  • VISI

SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib sebagai lembaga pendidikan yang berbasiskan Pondok Pesantren dengan sistem boarding school memiliki visi “Terwujudnya Huffaz Al-Quran yang memiliki kompetensi Santri Rabbani ”.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 31 ayat (3) mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Sedangkan pasal 3 menegaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Seiring dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar tersebut dan gerakan Agam Madani yang digaungkan oleh kabupaten Agam, maka SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib selalu berusaha untuk menigkatkan kualitas pendidikan yang di mulai dari seleksi penerimaan siswa baru yang mana input peserta didik masih pada tingkatan yang menengah.

Disamping itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat  menuntut peserta didik untuk dapat bersaing pada era globalisasi sekarang ini serta peserta didik yang dapat tangguh dalam persaingan dunia kerja.

Dalam kerangka visi diatas, tergambar bahwa SMA Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib bercita-cita mengisi IMTAQ dan IPTEK para peserta didik. Disamping dididik menjadi seorang Hafiz Al-Quran, peserta didik juga dibekali dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan dengan penjurusan IPA.

Berbagai inspirasi dan tantangan untuk berprestasi selalu disampaikan kepada peserta didik sehingga hasilnya dapat dikatakan cukup memuaskan. Diantara peserta didik ada yang berhasil menamatkan pendidikan dan mengkhatamkan hafalannya 30 juz dan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

  • Indikator Pencapaian Visi

Pencapaian visi sekolah tentu tidak terlepas dari komitmen dan semangat semua warga sekolah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan. Maka diantara indikator pencapaian visi satuan pendidikan adalah:

  • Insan yang berprestasi merupakan wujud peserta didik yang berprestasi baik itu di bidang akademik maupun bidang non akademik.
  • Gemar membaca merupakan wujud dari peserta didik  yang memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.
  • Berlandaskan Iman dan Taqwa merupakan wujud peserta didik yang pecaya kepada Tuhan yang Maha Esa dalam menciptakan dan meningkatkan jati diri yang berkualitas. Sehingga setiap ilmu yang dimiliki peserta didik terintegrasi dengan Al-Quran.
  • 2. MISI

Berdasarkan hasil analisis Visi Satuan Pendidikan SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib maka dirumuskan misi satuan pendidikan sebagai berikut :

  1. Melahirkan kembali kader Ulama yang berbasis pada penajaman aqidah dan syari’ah yang sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah.
  2. Mendirikan dan mengembangkan pola pendidikan Pesantren Integral yang berbasis Al-Quran dan Sunnah.
  3. Mensyi’arkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Quran ditengah-tengah masyarakat.
  4. Mengembangkan potensi kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.
  5. Mengembangkan semangat disiplin, kompetitif, dan bertanggungjawab yang tinggi seluruh warga sekolah.
  6. Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orang tua, masyarakat, instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencapaian visi sekolah yang optimal.
  • 3. TUJUAN

Adapun tujuan satuan pendidikan SMA Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib adalah :

  1. Mendidik para siswa untuk Hafizh Al-Quran serta menanamkan nilai-nilainya.
  2. Tercapainya tingkat kelulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negri dan Perguruan Tinggi Swasta baik dalam negeri maupun luar negeri (timur tengah)
  3. Membina para siswa agar beraqidah yang kokoh, beribadah dengan benar, berakhlak mulia, dan berbadan sehat.
  4. Membina dan mendidik siswa menguasai bahasa Arab, sehingga diharapkan mampu menggali ilmu dan menerapkan syari’at Islam dari sumber aslinya, Al-Quran dan As-Sunnah.
  5. Membina dan mendidik siswa menguasai bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi aktif dan mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.
  6. Mendidik siswa agar memiliki wawasan Dirasah Islamiyah.
  7. Menanamkan semangat beragama, berbangsa dan bernegara sehingga mereka dapat melaksanakan kewajiban dan bertanggung jawab terhadap tersebarnya syi’ar Islam dan suksesnya pembangunan Negara Republik Indonesia.
  8. Menjuarai berbagai cabang lomba keagamaan (MTQ, MSQ, Tahfizh, Puisi Dakwah, Khutbah Jum’at dan Azan) baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.
  9. Menumbuhkan kesadaran kepada peserta didik agar mampu membentengi diri dari pergaulan negatif.