June 18, 2024

Daurah Tahfizh (Tahfizh Camp) 2023

Di penghujung tahun 2023 ini sekaligus mengisi kegiatan libur semester 1 dengan tahfiz, kembali Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi melaksanakan kegiatan daurah tahfiz (pelatihan menghafal Al-Quran). Kegiatan ini diperuntukkan kepada siswa siswi SD dan SMP di Bukitinggi Agam dan sekitarnya. Kegiatan ini bisa dikatakan mirip dengan karantina yang mana setiap peserta yang berasal dari berbagai tempat diwajibkan untuk tinggal di pondok selama 5 hari kegiatan.

Kegiatan daurah ini diikuti oleh 50 orang peserta yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 19 s/d 24 Desember 2023 dengan target hafalan sebanyak 1 juz. Sesuai dengan target yang telah ditetapkan, maka untuk mencapai target menghafal 1 juz selama 5 hari, maka setiap peserta dituntut untuk menghafal 4 halaman setiap hari.

Dan di akhir kegiatan, dari 50 orang peserta, terdapat seorang peserta yang mampu melebihi target dengan menghafal sebanyak 1,5 juz selama 5 hari kegiatan daurah ini. Dan terdapat juga 8 orang yang mampu menghafal sesuai target yaitu 1 juz selama 5hari. Namun yang lain rata-rata hanya mampu menghafal 0,5 (setengah) juz.

Dalam acara penutupan, Pimpinan Pondok berharap agar semua peserta selalu mengulang ngulang hafalannya supaya tidak hilang. Disisi lain, perwakilan dari semua orang tua peserta kegiatan ini menilai kegiatan ini sangat bagus da selalu berharap agar acara ini selalu diadakan setiap tahun.